Kendala
yang mungkin akan terjadi pada pengembangan system ini adalah kemungkinan
adanya biaya tambahan dalam pembelian Komputer dan Lcd Monitor serta peralatan
lain dan alat tambahan yang mungkin akan dibutuhkan. Untuk system ini
dibutuhkan SDM ataupun Karyawan yang dapat mengoperasikan computer. Selain itu
mungkin ada penambahan biaya untuk Tagihan Listrik.
D. MEKANISME SISTEM
Sistem
pemesanan Lapangan Futsal Masih menggunakan Metode manual, Yaitu dimana setiap
pemesan Lapangan Futsal TELAGA FUTSAL 3 datang
ke tempat lalu bertemu dengan Receptionis lalu melihat jam kosong yang
tersedia, Apabila masih terdapat jam kosong yang di inginkan oleh pemesan maka
Pemesan dapat memesan Lapangan tersebut. Setelah melakukan kesepakatan maka
pemesan Lapangan Futsal Membayar uang muka yang telah di tentukan tiap jam nya
kepada Receptionist. Untuk pemesanan melalui telepon juga dapat dilakukan.
Tetapi pemesan tetap harus datang ke TELAGA
FUTSAL 3 guna membayar uang muka. Agar pengelola tidak menanggung kerugian
apabila yang memesan Lapangan Futsal tidak jadi datang. setelah itu maka
Receptionist menyerahkan kwitansi atas nama pemesan Lapangan Futsal. Di dalam
kwitansi tersebut terdapat Nama
Pemesan,Waktu dan Tanggal Pemesanan, Uang Muka, Lama Waktu Pemesanan.Tanda Tangan
Receptionist dan Pemesan Lapangan Futsal.
Untuk pencatatan Jadwal dan data
pemesanan masih dilakukan menggunakan metode pencatatan Manual, yaitu menulis
di dalam sebuah buku. Kami melihat metode itu dirasa kurang efisien karena
apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan maka pengelola harus menghapus
bagian yang salah menggunakan penghapus dan menulis ulang pencatatan data
tersebut. Sehingga penulisan data menjadi terlihat berantakan dan kurang
rapi,dan juga diperlukan persediaan buku yang banyak. Pengelola TELAGA FUTSAL 3 juga menyadari hal
tersebut. untuk itulah kami merancang sebuah system baru dimana system ini
diharapkan akan membantu mempermudah pengelola dalam mencatat data dan
pemesanan serta jadwal. Cara kerja system baru ini cara kerjanya masih sama
dengan system lama, hanya saja system baru ini memanfaatkan teknologi computer
yaitu system Database. Dengan adanya system database ini apabila terjadi
kesalahan maka pengelola tidak perlu menghapus manual menggunakan penghapus.
Hanya cukup menghapus bagian yang salah agar terlihat rapi dan tidak terkesan
acak-acakan. System seperti ini akan menghemat kertas karena tidak memerlukan
buku lagi dalam pencatatan. system
Database ini akan terkoneksi dengan
alarm, dimana alarm waktu tanda selesainya permainan akan berbunyi secara
otomatis. Jadi dengan system ini pengelola tidak perlu repot lagi dalam menekan
tombol alarm karena harus selalu siaga melihat jam. Pengelola mengatakan cara
lama kurang efisien karena sering terlambat dalam menekan tombol.untuk itu
system alarm otomatis ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan pengelola.
System Database ini juga nantinya akan terkoneksi dengan LCD PLASMA yang ada di
dinding sebagai pengganti papan jadwal
pemesanan lama. Sehingga pemesan akan lebih jelas dalam membaca jadwal karena
apabila menggunakan papan biasa terkadang pemesan kurang jelas dalam membaca,
mungkin juga karena factor penulisan. Pengelola juga menyadari hal demikian,
untuk itu dengan adanya LCD PLASMA tersebut
diharapkan akan sangat membantu. Dan juga diharapkan akan memberikan
kenyamanan Pemesan Lapangan Futsal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar