Laman

Kamis, 08 November 2012

Hasil Wawancara


C. KENDALA YANG DIHADAPI
            Kendala yang mungkin akan terjadi pada pengembangan system ini adalah kemungkinan adanya biaya tambahan dalam pembelian Komputer dan Lcd Monitor serta peralatan lain dan alat tambahan yang mungkin akan dibutuhkan. Untuk system ini dibutuhkan SDM ataupun Karyawan yang dapat mengoperasikan computer. Selain itu mungkin ada penambahan biaya untuk Tagihan Listrik.

D. MEKANISME SISTEM
            Sistem pemesanan Lapangan Futsal Masih menggunakan Metode manual, Yaitu dimana setiap pemesan Lapangan Futsal TELAGA FUTSAL 3 datang ke tempat lalu bertemu dengan Receptionis lalu melihat jam kosong yang tersedia, Apabila masih terdapat jam kosong yang di inginkan oleh pemesan maka Pemesan dapat memesan Lapangan tersebut. Setelah melakukan kesepakatan maka pemesan Lapangan Futsal Membayar uang muka yang telah di tentukan tiap jam nya kepada Receptionist. Untuk pemesanan melalui telepon juga dapat dilakukan. Tetapi pemesan tetap harus datang ke TELAGA FUTSAL 3 guna membayar uang muka. Agar pengelola tidak menanggung kerugian apabila yang memesan Lapangan Futsal tidak jadi datang. setelah itu maka Receptionist menyerahkan kwitansi atas nama pemesan Lapangan Futsal. Di dalam kwitansi tersebut terdapat  Nama Pemesan,Waktu dan Tanggal Pemesanan, Uang Muka, Lama Waktu Pemesanan.Tanda Tangan Receptionist dan Pemesan Lapangan Futsal.
            Untuk pencatatan Jadwal dan data pemesanan masih dilakukan menggunakan metode pencatatan Manual, yaitu menulis di dalam sebuah buku. Kami melihat metode itu dirasa kurang efisien karena apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan maka pengelola harus menghapus bagian yang salah menggunakan penghapus dan menulis ulang pencatatan data tersebut. Sehingga penulisan data menjadi terlihat berantakan dan kurang rapi,dan juga diperlukan persediaan buku yang banyak. Pengelola TELAGA FUTSAL 3 juga menyadari hal tersebut. untuk itulah kami merancang sebuah system baru dimana system ini diharapkan akan membantu mempermudah pengelola dalam mencatat data dan pemesanan serta jadwal. Cara kerja system baru ini cara kerjanya masih sama dengan system lama, hanya saja system baru ini memanfaatkan teknologi computer yaitu system Database. Dengan adanya system database ini apabila terjadi kesalahan maka pengelola tidak perlu menghapus manual menggunakan penghapus. Hanya cukup menghapus bagian yang salah agar terlihat rapi dan tidak terkesan acak-acakan. System seperti ini akan menghemat kertas karena tidak memerlukan buku lagi dalam pencatatan.  system Database  ini akan terkoneksi dengan alarm, dimana alarm waktu tanda selesainya permainan akan berbunyi secara otomatis. Jadi dengan system ini pengelola tidak perlu repot lagi dalam menekan tombol alarm karena harus selalu siaga melihat jam. Pengelola mengatakan cara lama kurang efisien karena sering terlambat dalam menekan tombol.untuk itu system alarm otomatis ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan pengelola. System Database ini juga nantinya akan terkoneksi dengan LCD PLASMA yang ada di dinding  sebagai pengganti papan jadwal pemesanan lama. Sehingga pemesan akan lebih jelas dalam membaca jadwal karena apabila menggunakan papan biasa terkadang pemesan kurang jelas dalam membaca, mungkin juga karena factor penulisan. Pengelola juga menyadari hal demikian, untuk itu dengan adanya LCD PLASMA tersebut  diharapkan akan sangat membantu. Dan juga diharapkan akan memberikan kenyamanan Pemesan Lapangan Futsal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar